Tips Memilih Kambing untuk Indukan yang Baik

Salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah kambing, selain karena perputaran modalnya yang relatif cepat, kambing juga merupakan jenis ternak yang mudah dibudidayakan karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Tujuan utama budidaya kambing adalah menghasilkan susu dan daging, tapi tidak sedikit yang mengambil bulu dan kulitnya untuk aneka kerajinan. Untuk hasil yang maksimal perlu diperhatikan pengelolaan ternaknya secara baik termasuk diantaranya pemilihan bibit calon indukannya. Kunci sukses beternak kambing dimulai dari pemilihan calon indukan. Bibit merupakan faktor penting dalam mendukung keberhasilan usaha pengembangbiakan kambing secara maksimal. Berikut adalah cri ciri Bibit calon indukan kambing yang baik


Kriteria Calon Indukan Kambing Jantan dan Betina yang Baik




Syarat Bibit Calon Induk Jantan

Sebelum kambing dikawinkan, langkah awal sebagai peternak adalah memilih calon indukan jantan yang baik. kriteria indukan jantan yang bai dapat dlihat dari perkembangbiakannya, postur tubuh, pola hidupnya dan sebagainya. diharapkan Dengan pemilihan induk jantan yang baik maka anakan yang dihasilkan akan baik pula. dibawah ini adalah Kriteria calon induk kambing jantan yang baik :
  1. Pertumbuhan kambing relatif cepat sehingga memiliki bobot yang ideal untuk dikawinkan
  2. Umur yang baik sekitar 2 – 5 tahun
  3. Tidak memiliki penyakit yang bisa menyebabkan ke keturunannya
  4. Gerakan kambing lincah atau tidak lemas
  5. Matanya segar tidak cacat
  6. Alat kelamin indukan jantan normal dan tidak berpenyakit
  7. Pilih Calon pejantan yang berasal dari dari kelahiran kembar dan berasal dari induk dengan jumlah anak lahir lebih dari dua ekor. Bila berasal dari kelahiran tunggal, pilih pejanntan yang berasal dari induk dengan jumlah anak hanya satu ekor.
  8. Ukuran badan normal, besar, tubuh panjang, dada dalam dan lebar, kaki berdiri kokoh, terlihat tonjolan tulang yang besar pada kaki dan badan berdiri tegap.



Syarat Bibit Calon Induk Betina

Selain indukan jantan, pemilihan Indukan betina juga perlu diperhatikan dengan harapan untuk menghasilkan keturunan yang baik pula, karena apabila salah memilih calon induk betina maka keturunan yang dihasilkan akan kurang baik juga, kedua indukan bai jantan maupun betina harus lah sama-sama baik. Berikut kriteria calon induk kambing betina yang baik :
  1. Kaki dari kambing betina harus kokoh dan memiliki tumit yang tinggi
  2. Umur sudah lebih dari satu tahun dan sudah mengalami birahi sebelum umur satu tahun
  3. Tidak memiliki di bagian tubuh alias kelengkapan bagian tubuh utuh.
  4. Mempunyai sifat induk betina yang baik seperti kejinakan ternak dan sorot mata yang normal
  5. Ukuran badan besar tetapi tidak terlalu gemuk.
  6. Mempunyai dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lurus.
  7. Memiliki bulu yang mengkilap dan bersih
  8. Jumlah gigi lengkap


demikian posting mengenai beberapa kriteria calon indukan kambing, kriteria tersebut sebagai hanya sebagai acuan karena tidak menutup kemungkinan ada beberapa peternak yang sudah memiliki standarisasi dalam pemilihan calon indukan kambing masing-masing, hal ini tidak menjadi masalah asal memenuhi beberapa kriteria di atas. Dalam proses pengembangbiakan dokumentasi dalam bentuk pencatatan pun perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam mengawinkan induk kambing. 

Jasa Aqiqah Murah dan Enak di Tangerang